Buku

Ceros dan Batozar oleh Tere Liye

Judul: Ceros dan Batozar

Penulis: Tere Liye

Tanggal Terbit: 28 Mei 2018

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

 

Sinopsis:

Awalnya kami hanya mengikuti karyawisata biasa seperti murid-murid sekolah lain. Hingga Ali, dengan kegeniusan dan keisengannya, memutuskan menyelidiki sebuah ruangan kuno. Kami tiba di bagian dunia paralel lainnya, menemui petarung kuat, mendapat kekuatan baru serta teknik-teknik menakjubkan.

Dunia paralel ternyata sangat luas, dengan begitu banyak orang hebat di dalamnya. Kisah ini tentang petualangan tiga sahabat. Raib bisa menghilang. Seli bisa mengeluarkan petir. Dan Ali bisa melakukan apa saja.


Dalam seri 4,5 atau seri bonus ini menceritakan tentang dua kisah sekaligus, tentang bagaimana Raib, Seli dan Ali bertemu dengan Ceros serta kisah tentang pertemuan mereka dengan Batozar.

Ceros

Perjalanan karyawisata Raib, Seli, dan Ali menjadi berbeda setelah sebuah sensor dunia paralel milik Ali mendeteksi adanya aktivitas dunia paralel dengan skala 10 berada disekitar lokasi bangunan kuno yang sedang mereka kunjungi. Meskipun awalnya menolak, Raib akhirnya mengikuti ajakan Ali untuk menelusuri sumber dari kekuatan berskala besar tersebut, begitu pula dengan Seli.

Ceros dan Batozar oleh Tere Liye
Ceros dan Batozar oleh Tere Liye

Mereka akhirnya mencari lokasi yang terdeteksi oleh sensor milik Ali. ILY menemukan sebuah lorong menuju lokasi tersebut yang berada dibawah laut, dengan kedalaman sekitar  1.200 meter. Sebuah bangunan besar dengan ukuran sepuluh kali lipat lebih besar daripada ukuran bangunan kuno yang baru saja mereka kunjungi. Meskipun ILY sahabat perjalanan mereka menyarankan untuk tidak melanjutkan perjalanan, namun tabiat seorang Ali tak pernah berubah, ia mengabaikan saran ILY, mematikan kemudi otomatis, dan melanjutkan perjalanan mereka.

ILY terus menyelami lautan hingga tiba di dasar laut dan menemukan sebuah dinding tinggi menghandang, dengan gerbang besar persis di tengahnya. Di sisi kiri dan kanan gerbang tersebut tampak dua patung badak bercula empat berukuran besar, seolah sedang menjaga gerbang dari siapa pun yang hendak masuk.

ILY terus melaju naik keatas menyusuri lorong tersebut hingga bertemu gerbang berikutnya. Dengan kecepatan penuh, ILY menuruni lorong berikutnya, dan splash!. Pemandangan lorong gelap telah berganti dengan pemandangan spektakuler. Raib, Seli, dan Ali tiba persis saat matahari akan terbenam, sunset.

 

Batozar

Satu minggu berlalu setelah Raib, Seli, dan Ali pulang dari perjalanan karyawisata yang kemudian berubah menjadi petualangan tak terduga. Namun sayangnya, kabar buruk memang tak lenyap begitu saja. Tiba-tiba saja beredar berita tentang terlihatnya sebuah kapsul terbang yang dianggap sebagai UFO. Tentu saja Raib langsung berpikir bahwa itu adalah kapsul terbang miliki Ali, yaitu ILY.

Akan tetapi semua asumsi Raib lenyap ketika Miss Selena memberi kabar bahwa kapsul terbang tersebut memang bukan ILY, melainkan salah satu prototipe kapsul terbang yang dibuat saat mereka akan mencari pasak bumi ( ada dibuku Bintang ). Kapsul tersebut sebenarnya disimpan di ruangan sistem keaman tinggi di pusat penelitian Kota Tishri, namun pencuri kapsul terbang tersebut rupanya bukanlah pengintai biasa. Dia adalah Batozar, seorang kriminal paling berbahaya di seluruh Klan Bulan.

Kabar tentang Batozar yang kini sedang berada di Klan Bumi membuat semuanya menjadi rumit, dan tentu saja Miss Selena melarang Ali untuk mencari tahu keberadaan prototipe kapsul yang hilang tersebut. Sayangnya semesta berkata lain. Ketika Raib, Seli, dan Ali sedang berada di sebuah rumah makan untuk membeli rendang, tak disangka mereka melihat sosok yang sangat tak asing. Sosok yang baru saja mereka lihat saat bersama Miss Selena, dan dia adalah Batozar yang sedang berada pada antrian kedua di rumah makan tersebut.

Meskipun Seli awalnya menolak, mereka bertiga akhirnya mengikuti langkah kaki Batozar, tentu saja dari jarak yang aman menurut mereka. Bahkan tak hanya mengikuti, Ali pun sampai berani berbincang dengan Batozar. Ketika Ali berhasil meletakkan alat pelacak pada Batozar. ia pun memberitahu posisi Batozar kepada Miss Selena. Sayangnya ketika Miss Selena dan beberapa pasukan elite akan menangkap Batozar, ia berhasil kabur. Bahkan tidak sendiri, melainkan berhasil membawa kabur Raib, Seli, dan Ali.


Kelebihan:
  • Seperti biasa, kisah tentang petualangan Raib, Seli, dan Ali selalu berhasil membuatku kagum.
  • Kisah Batozar berhasil membuatku menangis, karena sedih banget sih kisah dia, menurutku.
  • Dalam kisah Ceros akan terjawab pertanyaan tentang sarung tangan yang dimiliki Ali.
Kekurangan:
  • Kurasa untuk kisah tambahan ini ngga ada kekurangan. Yah, kecuali beberapa penulisan yang typo. Tapi aku lupa-lupa ingat sih beneran ada yang typo ngga ya hehe. Yang pasti perkara typo penulisan itu wajar aja sih, manusia gaes, ngga ada yang sempurna.

Buku ini adalah kisah tambahan ( 4,5 ) dari serial “BUMI”. Buku selanjutnya adalah “KOMET”.

Selamat membaca! 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top